Iklan

Friday, March 20, 2015

Soal-soal latihan Ujian AAJI beserta Jawaban Part IV

Anda pasti bertanya-tanya soal-soal latihannya kok ga habis-habis sih? Jangan khawatir, kalau semua materi dipelajarin, dijamin pasti lulus ujian AAJI. Juga nanti soal ujiannya juga tidak begitu banyak.

1. Dokumen yang tidak diperlukan saat melakukan klaim kematian:
a. identitas diri
b. bukti hubungan keluarga
c. dokumen polis dan nomor polis
d. ijazah pendidikan

Jawaban: D

2. Agen asuransi adalah:
a. orang/ badan yang pekerjanya membeli jasa asuransi untuk dan atas nama perusahaan asuransi yang diageninya
b. orang yang mewakili dan bertanggung jawab pada pemberi kuasa/ perusahaan asuransi dimana ia bekerja
c. orang yang membantu tertanggung untuk mendapat asuransi dari perusahaan asuransi yang diinginkan
d. orang yang menjual produk asuransi jiwa kepada penanggung asuransi

Jawaban: B



3. Mana yang bukan tugas agen?
1. menawarkan produk asuransi jiwa kepada calon nasabah
2. melakukan pembujukan kepada calon nasabah dengan hadiah
3. melakukan pelayanan purna jual
a. peryataan 1 dan 2
b. pernyataan 2 dan 3
c. pernyataan 3
d. pernyataan 2

Jawaban: D

4. Agen yang sedang membantu pemegang polis untuk memenuhi semua syarat agar polisnya kembali aktif sedang melakukan tugas:
a. menyiapkan materi informasi
b. pemulihan
c. klaim jatuh tempo
d. underwriting

Jawaban: B

5. Manakah pernyataan yang benar berikut ini mengenai proses penjualan asuransi jiwa?
1. tugas agen untuk menjual asuransi telah selesai setelah terjadi kesepakatan
2. tugas pertama agen adalah melakukan wawancara dengan calon nasabah
3. apabila nasabah mengajukan keberatan, agen tidak perlu berargumen
a. hanya no 1 benar
b. hanya no 2 benar
c. hanya no 3 benar
d. no 2 dan 3 benar

Jawaban: C

6. Mengidentifikasi kebutuhan dan kemampuan keuangan calon nasabah merupakan bagian dari proses:
a. pra pendekatan terhadap calon nasabah
b. pendekatan terhadap calon nasabah
c. pertanyaan saat melakukan wawancara
d. penyelesaian dari keberatan calon nasabah

Jawaban: A

7. Agen perlu melanjutkan hubungan dengan nasabah setelah ia menyerahkan polisnya agar:
a. diharapkan nasabah akan memberi tips
b. agen dapat naik pangkat
c. membantu pemegang polis menjual kembali polisnya
d. nasabah akan menghubunginya lagi jika ia ingin proteksi tambahan

Jawaban: D

8. Agen yang membantu nasabah membeli polis baru sedang melakukan pelayanan:
a. reselling
b. pemulihan
c. pengembangan calon nasabahn baru/ referensi
d. pelayanan klaim

Jawaban: A

9. Menghidupkan kembali polis yang sudah beberapa bulan tidak dibayar preminya merupakan bagian dari kegiatan:
a. reselling
b. pemulihan
c. pengembangan calon nasabahn baru/ referensi
d. pelayanan klaim

Jawaban: B

10. Bagaimana proses untuk menjadi agen di Indonesia?
a. 1. belajar 2. ikuti ujian 3. lulus ujian 4. direkrut perusahaan/ peragenan asuransi 5. registrasi untuk belajar 6. mendapat sertifikat dan kartu lisensi penuh 7. perpanjang lisensi
b. 1. registrasi untuk belajar 2. belajar 3. ikuti ujian 4. lulus ujian 5. direkrut perusahaan/ peragenan asuransi 6. mendapat sertifikat dan kartu lisensi penuh 7. perpanjang lisensi
c. 1. direkrut perusahaan/ peragenan asuransi 2. registrasi untuk belajar 3. belajar 4. ikuti ujian 5. lulus ujian 6. mendapat sertifikat dan kartu lisensi penuh 7. perpanjang lisensi
d. 1. direkrut perusahaan/ peragenan asuransi 2. mendapat sertifikat dan kartu lisensi penuh 3. registrasi untuk belajar 4. belajar 5. ikuti ujian 6. lulus ujian 7. perpanjang lisensi

Jawaban: C

11. Agen harus memperbarui lisensinya setiap selang berapa tahun?
a. 2 th
b. 3 th
c. 5 th
d. 10 th

Jawaban: A

12. Tujuan utama pemasaran adalah:
a. fokus pada perhatian konsumen dan mendapatkan sejumlah dana maksimum dari produk yang ditawarkan
b. fokus pada pemeliharaan konsumen sehingga konsumen dapta menemukan pasar yang stabil
c. fokus pada kebutuhan konsumen dan mencapai keuntungan melalui kepuasan konsumen
d. fokus pada pemerolehan keuntungan sebagai alat utama dalam menilai keberadaan pasar

Jawaban: C

13. Manakah pernyataan yang benar berikut ini mengenai jalur pemasaran?
1. agen asuransi merupakan bagian jalur pemasaran langsung
2. investasi di bank merupakan jalur disitribusi untuk anuitas
3. metode tertua dari pemasaran langsung adlah melalui jaringan internet
a. hanya no 1 benar
b. hanya no 2 benar
c. no 1 dan 3 benar
d. no 2 dan 3 benar

Jawaban: A

14. Manakah pernyataan yang benar berikut ini mengenai regulasi dalam industri asuransi?
 1. setiap terjadi pelanggaran harus segera dilaporkan kepada polis
2. setiap terjadi pelanggaran harus dilaporkan kepada dewan/ departemen kode etik
3. keluhan yang terjadi setiap saat merupakan tanggung jawab dewan/ departemen kode etik
a. hanya no 1 benar
b. hanya no 2 benar
c. hanya no 3 benar
d. no 2 dan 3 benar

Jawaban: B

15. Tindakan terhadap pelanggaran peraturan industri asuransi jiwa dapat diambil oleh:
a. agen
b. pemegang polis
c. pihak tertanggung
d. dewan/ departemen kode etik

Jawaban: D

16. Prinsip kode etik meliputi hal-hal berikut, kecuali:
a. menghindari penyalahgunaan jabatan
b. menjalankan bisnis dengan niat baik dan integritas yang tinggi
c. menghindari adanya konflik kepentingan pribadi
d. menghindari surplus yang berlebihan

Jawaban: D

17. Apa yang dimaksud dengan fidusia?
a. orang atau perusahaan yang secara sengaja atau tidak sengaja melanggar kode etik asuransi
b. departemen yang mengurusi hal-hal legal dalam asuransi jiwa
c. pihak yang dapat dipercaya/ seseorang yang posisi dan tanggung jawabnya melibatkan kepercayaan dan keyakinan yang tinggi
d. orang/ pihak yang mengatur dan memonitor kepatuhan agen dalam menjalankan kode etik

Jawaban: C

18. Pada dasarnya agen harus bertanggung jawab atas dirinya, perusahaan, nasabah dan masyarakat. Dalam hal ini yang dimaksud dengan tanggung jawab terhadap masyarakat adalah?
a. ikut mensejahterakan bangsa dan negara, khususnya keluarga dan melindungi keluarga keluarga nasabah dari resiko musibah
b. ikut menstabilkan perekonomian bangsa dan negara
c. patuh terhadap kode etik dan menunjukkan kejujuran, niat baik dan kesetiaan dalam bisnis dengan menjual produk secara profesional, pantas, berlandaskan standar etika tertinggi
d. patuh kepada departemen keuangan RI yang menerapkan standar hukum minimal untuk "petugas pemasaran"

Jawaban: D

19. Departemen apakah yang mengurusi bobot kesalahan bagi agen?
a. regulator asuransi
b. departemen kepatuhan
c. departemen HRD
d. departemen keagenan

Jawaban: B

20. Menurut ketentuan pasal pajak pendapatan, pembayaran yang dilakukan oleh penanggung kepada perseorangan yang mengikuti asuransi jiwa:
a. tidak perlu membayar pajak
b. dapat dikenakan pajak sepenuhnya
c. dapat memperoleh keringanan pajak
d. atasan dipajak

Jawaban: A

21. Uang pertanggungan dari penanggung dapat dikenakan pajak pada aspek manfaat tabungan:
a. ketika pembayaran dilakukan < 3th
b. ketika pembayarana dilakukan setelah 3 th
c. ketika pembayaran dilakukan pada kematian tertanggung
d. ketika tidak ada pembayaran

Jawaban: A

22. "Produksi asuransi yang berhubungan dengan investasi" merupakan produk yang terdiri dari pembayaran yang mengcover.
a. hanya kematian wajar dan kecelakaan
b. meninggal akibat kecelakaan dan penyakit
c. pembayaran atas kematian, meninggal akibat kecelakaan ditambah elemen investasi
d. kematian dan kecelakaan

Jawaban: C

23. Total investasi yang dilakukan di luar negeri oleh perusahaan asuransi tidak dapat melebih batas ketentuan:
a. 15% dari jumlah investasi
b. 20% dari jumlah investasi
c. 50% dari jumlah investasi
d. 75% dari jumlah investasi

Jawaban: B

24. Transparansi informasi materi mengenai produk asuransi jiwa diungkap dalam:
a. formulir pendaftaran
b. brosur
c. polis
d. halaman muka

Jawaban: B

25. Manfaat kematian yang dapat dibayar dalam premi tunggal polis unit link adalah:
a. antara Rp. 10juta dan 125% dari premi pembayaran sekaligus
b. 50% dari premi
c. sebanding dengan premi yang dibayar
d. 10x premi yang dibayar

Jawaban: A

26. Yang menetapkan kesehatan (solvency) perusahaan merupakan tugasnya:
a. departemen keuangan
b. departemen aktuaria
c. departemen audit
d. departemen legal

Jawaban: B

27. Tugas departemen keagenan adalah sbb, kecuali:
a. supervisi dan membantu semua yang berhubungan dengan penjualan
b. mengelola kegiatan kontes/ insentif penjualan bagi agen
c. mengangkat agen dan supervisor agensi
d. merekomendasikan tingkat bonus untuk dideklarasikan

Jawaban: D

28. Dalam asuransi jiwa, keahlian seorang dokter adalah:
a. asset nyata/ tangible
b. asset tidak berwujud/ intangible
c. asset bayangan/ foreshadow
d. asset fisik/ physical

Jawaban: B

29. Contoh asset yang tidak dapat dilihat:
a. keterampilan dokter, mobil, keterampilan mekanik
b. sapi, keterampilan mekanik, keterampilan dokter
c. mobil, sapi, rumah
d. keterampilan dokter, keterampilan mekanik, keterampilan seorang pengusaha

Jawaban: D

30. Pada prinsipnya ide kerja asuransi jiwa adalah:
a. menimbulkan dampak resiko
b. menghindari dampak resiko
c. menghilangkan dampak resiko
d. meminimalkan dampak resiko

Jawaban: D

1 comment:

  1. Haha..more practices for more best results eh...good work, thx u anyway...

    ReplyDelete